Langkah-Langkah Pemkab. Bondowoso dalam Menangani Penemuan Bayi di Sukodono Pujer

Bondowoso (25/7/2024) Beberapa hari terakhir media di ramaikan dengan berita penemuan bayi berjenis kelamin laki-laki, di Desa Sukodono, Kecamatan Pujer, Bondowoso, Jawa Timur (Jatim). Merespon kasus tersebut, pemerintah Kabupaten Bondowoso melakukan beberapa langkah-langkah strategis. 

Pertama, Pemkab Bondowoso melakukan perawatan bayi di RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso, dikarenakan kondisi bayi yang kurang sehat. Dan diberikan proses perawatan dalam koordinasi lintas sektor sesuai dengan tusi masing-masing. 

Selanjutnya, dilakukan pelaporan ke Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, melalui UPT PSAB Sidoarjo.  Selama belum ditemukan orang tua dan belum ada yang mengajukan adopsi, maka bayi dalam pendampingan UPT PSAB Sidoarjo Jatim. Setelah kondisi bayi sehat dan belum ada pengajuan adopsi, bayi akan diserahkan kepada UPT PSAB Sidoarjo Dinsos Jatim.

Langkah-langkah ini dilakukan untuk menjamin bayi yang ditemukan dapat terpenuhi hak dan perlindungannya. Selain itu juga, pemkab memfasilitasi masyarakat yang mengajukan adopsi, sesuai dengan standart layanan prosedur ijin adopsi anak yang berlaku di Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

Pemkab Bondowoso mengucapkan terimakasih atas sinergitas semua pihak yang bekerjasama dalam penanganan penemuan bayi ini. Serta menghimbau masyarakat agar peristiwa tersebut tidak terulang di kemudian hari.

Share Berita Ini