Pengukuhan Forum Anak Bondowoso VII Sekaligus Launching 155 Puspaga Berbasis Pesantren dan Masyarakat

Bertempat di Pendopo Bupati Bondowoso Dinas Sosial P3AKB menggelar Pengukuhan Forum Anak Bondowoso (FAB) VII sekaligus melaunching 155 Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Berbasis Pesantren dan Masyarakat di Kabupaten Bondowoso, Jumat (15/03/2024). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ibu Pj, Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso, yang secara resmi mengukuhkan FAB VII dan melaunching 155 Puspaga yang telah terbentuk. Hadir pula Kepala BP4D Bondowoso selaku Ketua Gugus Tugas KLA, Kepala Dinas Sosial P3AKB, Kepala Perangkat Daerah terkait, Perwakilan Kepala Sekolah, dan Ormas yang memiliki komitmen untuk membentuk puspaga berbasis pesantren dan masyarakat.

Dalam sambutan Ibu Pj. Sekda Bondowoso menyampaikan apreasiasi dan selamat kepada Pengurus FAB VII Sekaligus Fasilitator yang telah dikukuhkan, Sebab mereka-mereka adalah cerminan anak-anak Bondowoso yang akan menjadi Pelopor dan Pelapor di lingkungan masyrakat. 

Sambutan Ibu Pj. Sekda Bondowoso

"Saya menekankan bahwa, saudara-saudara yang telah dikukuhkan sebagai Pengurus Forum Anak, mempunyai fungsi sebagai wadah partisipasi anak yang menampung aspirasi, suara, pendapat, keinginan, dan kebutuhan anak tentang pemenuhan hak anak serta perlindungan khusus anak dalam proses pembangunan. sampaikan aspirasi kawan-kawan saudara untuk menjadi salah satu pertimbangan dalam perumusan kebijakan maupun program pemerintah.forum anak mempunyai fungsi sebagai wadah partisipasi anak yang menampung aspirasi, suara, pendapat, keinginan, dan kebutuhan anak tentang pemenuhan hak anak serta perlindungan khusus anak dalam proses pembangunan. sampaikan aspirasi kawan-kawan saudara untuk menjadi salah satu pertimbangan dalam perumusan kebijakan maupun program pemerintah." jelas Pj. Sekda Bondowoso

Selain itu, juga ditekankan terkait pentingnya kolaborasi dan sinergitas semua pihak tidak hanya dari pemerintah namun juga dari semua pihak, mulai dari organisasi masyarakat, media, dunia usaha, perguruan tinggi, dan juga keterlibatan partisipasi penuh Forum Anak, untuk mendorong pembangunan yang responsif terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, untuk meningkatkan komitmen terwujudnya Kabupaten Bondowoso yang Layak Anak. "Sebab pemerintah tidak bisa sendiri, kita harus bergerak bersama saling berperan membangun sinergitas dan kolaborasi yang baik" tegasnya.

Diakhir sambutan, Ibu Pj, Sekretaris Daerah secara rsmi melaunching 155 Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Berbasis Pesantren dan Masyarakat di Kabupaten Bondowoso dan dilanjutkan dengan penayangan video.

Ibu Anisatul Hamidah selaku kepala Dinsos P3AKB dalam laporannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak, yang telah bersama-sama bersinergi untuk menkan angka perkawinan anak di Kabupaten Bondowoso, "Alhamdulillah tahun 2023 kemarin kita turun sebanyak 41,9%" . Selain itu, masyarakat dan juga lembaga-lembaga pendidikan mulai aware untuk speak-up dan melaporkan ketika menemukan kasus kekerasan khususnya pada anak di lingkungannya. 


"Saya berharap besar kepada anak-anak yang ada di Forum Anak Bondowoso, agar menjadi corong melalui perannya sebagai 2P, untuk berani melaporkan ketika menemukan kasus-kasus kekerasan dilingkungannya, dan menjadi pelopor untuk banyak hal positif bagi anak-anak Bondowoso.
Kegiatan ini ditutup dengan diadakannya Talkshow terkait "Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Anak di Kabupaten Bondowoso" dengan menghadirkan Narasumber dari Ketua FAB VI, Kabag Hukum, dan Ka. Dinsos P3AKB Bondowoso yang dipandu langsung oleh Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) pada Dinsos P3AKB Kab. Bondowoso. (nrl)

Share Berita Ini