Capacity Building Bagi Lembaga Masyarakat Terkait Pemenuhan Hak Anak dalam Pengasuhan di Keluarga dan Masyarakat Melalui Puspaga

Dinas Sosial P3AKB Kab. Bondowoso - Bondowoso (18/9/2023) bertempat di ruang rapat Sabha Bina Praja II Pemkab Bondowoso berlangsung kegiatan Capacity Building Bagi Lembaga Masyarakat Terkait Pemenuhan Hak Anak dalam Pengasuhan di Keluarga dan Masyarakat Melalui Puspaga. Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan dari beberapa organisasi masyarakat yang ada di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas bagi lembaga masyarakat untuk pemenuhan hak anak dalam pengasuhan di keluarga dan masyarakat, khususnya dalam memberikan layanan konseling bagi anak, remaja, dan keluarga.

Kepala Dinas Sosial P3AKB Kab. Bondowoso, Ibu Anisatul Hamidah, M.Si. hadir langsung membuka acara ini sekaligus memberikan paparan singkat yang menampilkan kondisi permasalahan anak, remaja, dan keluarga di kabupaten Bondowoso. "Tingginya angka perkawinan anak, perceraian, stunting, dan kasus kekerasan, merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan. Namun, secara bersama-sama dapat kita tekan, dengan meningkatkan kolaborasi dan sinergitas setiap lembaga dan stake holder yang ada. Hal penting lain, yang diharapkan dari pertemuan ini adalah, nantinya bapak-ibu dapat membentuk puspaga berbasis masyarakat di lembaga dan lingkungannya masing-masing saat ini."

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi dilaksanakan Kamis (14/9/2023) untuk kemudian ditindak lanjuti dengan dibentuk puspaga berbasis masyarakat sebanyak-banyaknya dengan tujuan memperluas dan mendekatkan pelayanan bagi masyarakat. Pada kesempatan ini pula, dihadirkan Bapak Nanang Abdul Chanan selaku Fasilitator Nasional Kabupaten Layak Anak, yang memberikan penguatan kepada peserta tentang pentingnya penguatan sistem Kabupaten Layak Anak, khususnya dalam meningkatkan peran lembaga masyarakat dalam pengasuhan alternatif.

Pada akhir sesi sebelum membahas Rencana Tindak Lanjut (RTL), Ibu Sumariyati, SE. sekilas memberikan paparan terkait Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial (DKMP) bagi peserta. Sebagai bekal awal untuk kemudian nantinya memberikan layanan-layanan dasar kepada masyarakat di lingkungannya. Kegiatan ini diharapkan dapat ditindak lanjuti secara serius oleh peserta dengan membentuk Puspaga di wilayah masing-masing, yang tentunya saling terintegrasi dan berkolaborasi dengan seluruh elemen dan stake holder yang ada. (nrl)

Share Berita Ini